kejari cilacap
Live
wb_sunny

Breaking News

Ribuan Obat Terlarang di Musnahkan Kejari Cilacap

Ribuan Obat Terlarang di Musnahkan Kejari Cilacap



Cilacap -Tren peredaran narkotika di Kabupaten Cilacap disinyalir semakin meningkat. Salah satu indikatornya dengan banyaknya kasus yang sudah ditangani oleh aparat penegak hukum, seperti perkara dengan kekuatan hukum tetap (inkrah) yang barang buktinya (BB) dimusnahkan oleh pihak Kejaksaan Negeri Cilacap pada Rabu (13/3) pagi.

Ada ribuan pil dan obat – obatan terlarang dari berbagai jenis, berikut ratusan gram sabu-sabu, ganja dan tembakau gorila. Bahkan, barang haram yang kemungkinan dipasok para bandar di luar negeri ikut jadi barang bukti yang dimusnahkan seperti inek dengan jumlah 1.097 butir.  “Barang-barang haram ini dari perkara yang dinyatakan telah inkrah atau mempunyai kekuatan hukum tetap dengan putusan pengadilan. Periode untuk April 2018 sampai Januari 2019” tandas Pelaksana Harian Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Heri Sumantri disela pemusnahan yang berlangsung di halaman Kantor Kejari.

Dikatakan, Kejaksaan selaku eksekutor perkara tindak pidana sekaligus memiliki peran dalam pencegahan dan pemberantasan terhadap peredaran narkotika. Hal ini didasari dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2007 tentang Psikotropika serta Undang-undang Kesehatan Nomor  36 tahun



Pemusnahan barang bukti itu katanya menjadi bagian dari pencapaian keberhasilan penyelesaian perkara, namun sekaligus menjadi motivasi meningkatkan peran  Kejaksaan dalam pengendalian dan pengawasan untuk mencegah dan memberantas penyelahgunaan dan peredaran gelap narkotika di wilayah Kabupaten Cilacap. Peran lainnya menyasak pada sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar persyaratan kesehatan termasuk minuman keras.

Data yang ada, jenis BB yang dimusnahkan antara lain, actazolam alprazolam, tramadol, ada inex 1.097 butir, pil kuning 2,557 butir, pil putih 3.412 butir, merlopan, ada prohiper dan lainnya. Ada BB ganja 130 gram lebih, sabu-sabu sekitar 115 gram, tembakau 58 gram dan berbagai macam sample jamu.

Pemusnahan barang bukti dihadiri berbagai pihak terkait, seperti BNN, GRANAT, Kasat Narkoba dan sejumlah Kalapas di Cilacap. *za

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar