kejari cilacap
Live
wb_sunny

Breaking News

Jaksa Menyapa, Penyimpangan Dalam Pengelolaan Dana Desa

Jaksa Menyapa, Penyimpangan Dalam Pengelolaan Dana Desa

sumber foto: fb rri
PURWOKERTO - Proses pemcegahan korupsi dalam pengelolaan dana desa di Banyumas untuk pembangunan desa bisa dikatakan tidak terlalu banyak yang mencuat. Beberapa kasus penyelewengan dana desa terjadi karena kurangnya akuntablitas penggunaan dana desa dan kurangnya Sumber daya manusia (SDM) serta minimnya pengawasan dari pihak-pihak terkait.Demikian Jaksa menyapa di RRI Purwokerto Kamis (25/7).

Talkshow Jaksa Menyapa yang di pandu oleh Robin Abdurrahman tersebut menghadirkan narasumber jaksa fungsional Agus Suhartanto, SH,MH dan Agus Veru Leksana, SH, MH dari Kejaksaan Negeri Cilacap.

Belum kompetennya penggunaan dana desa juga menjadi sebab terjaidnya kasus penyalahgunaan dan korupsi dana desa. Beberapa aspek terkait SDM  memang perlu dilakukan peningkatan terutama pengetahuan tentang floting penggunaan.

"Hasil talkshow ini diharapkan mampu menghasilkan model ideal akuntabilitas penggunaan dana desa, mulai dari pengawasan hingga penggunaannya sehingga diharapkan desa agar lebih maksimal dalam menggunakan dana desa untuk pembangunan,"kata Agus Suhartanto.

Penanggulangan korupsi terhadap mengikuti prosedur pengelolaan keuangan desa.Yakni keseluruhan kegiatan pejabat pengelola keuangan esuai dengan kedudukan dan kewenangannya, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,
pengawasan, dan pertanggungjawaban.

Jika sudah melewati segala prosedur ini, maka korupsi terhadap danadesa di kemudian hari dapat diminimalisir atau tidak berpotensi samasekali karena manajemen keuangan yang bersih, akuntabel, proporsional dan transparan,"Katanya.(cok)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar